SONDIR (DCPT)

Tunas Lima Warna

"Layanan paripurna dan hasil terbaik adalah modal utama kami"

SONDIR (DCPT)

Pengujian Sondir atau Dutch Cone Penetration Test (DCPT) merupakan salah satu pengujian lapangan yang bertujuan untuk mengetahui profil atau pelapisan (stratifigrafi) tanah dan daya dukungnya. Stratifigrafi tanah dan daya dukung dapat diketahui dari kombinasi hasil pembacaan tahanan ujung (qc) dan gesekan selimutnya (fs). Alat sondir berbentuk silindris dengan ujungnya berupa konus dilengkapi dengan mesin pembeban, selimut (bidang) geser, pipa dorong, dan batang dalam. Berikut bagan alir prosedur pengujian sondir mengacu pada SNI 2827:2008. (Binamarga.pu.go.id)

Sondir menurut kapasitasnya dibagi menjadi dua macam, yaitu:

1. Sondir ringan, memiliki kapasitas 0-250 kg/cm2 dengan kedalaman 30 meter

2. Sondir berat, memiliki kapasitas 0-600 kg/cm2 dengan kedalaman 50 meter

Sondir menurut jenis alatnya dibagi menjadi dua macam, yaitu:

1. Sondir mekanis, Sondir yang menghasilkan nilai tahanan ujung (qc) dan gesekan selimut (fs) mengacu pada ASTM D3441.

2. Sondir elektrik, Sondir yang menghasilkan nilai tahanan ujung (qc), gesekan selimut (fs) dan tekanan air pori (u) mengacu pada ASTM D5778.

(Uji Sondir oleh PT. Tunas Lima Warna pada Project Hotel, Site Bobocabin Sukawana)

Pekerjaan penyondiran dilakukan di lokasi sampai pada kedalaman dimana lapisan tanah keras dengan nilai tekanan konus qc ≥ 150 kg/cm2 atau hal ini dilihat dari telah rusaknya sistem pengangkuran pada tanah permukaan. Nilai yang penting diukur dari uji sondir adalah hambatan ujung konus (qc). Besarnya nilai ini seringkali menunjukkan identifikasi dari jenis tanah dan konsistensinya. Pada tanah pasiran, hambatan ujung jauh lebih besar dari tanah berbutir halus.

Hubungan Nilai Tahanan Konus Terhadap Konsistensi Tanah

KONSISTENSI

Tahanan Konus QC (kg/cm2)

Undrained Cohesion (T/m2)

Very Soft

<2.5

<1.25

Soft

2.5 – 5.0

1.25 – 2.50

Medium Stiff

5.0 – 10.0

2.50 – 5.00

Stiff

10.0 – 20.0

5.00 – 10.00

Very Stiff

20.0 – 40.0

10.00 – 20.00

Hard

>40.0

>20.00

           (Sumber : Begemann,1965)

Grafik Klasifikasi Tanah Berdasarkan Data Sondir dari tahanan ujung (qc) dan rasio gesekan (Fr)

(Sumber : Schertmann, 1978)

PT. Tunas Lima Warna berperan sebagai konsultan geoteknik yang menawarkan jasa soil test di Indonesia, kami dapat membantu memberikan informasi kekuatan dan kondisi tanah dasar serta menduga letak lapisan tanah keras guna mengetahui nilai daya dukung tanah dan juga menunjang perencanaan struktur pondasi bangunan yang memiliki factor keamanan (safety factor) dan efisien serta ekonomis, sehingga bangunan diatasnya tetap kuat dan tidak mengalami penurunan (settlement) yang dapat membahayakan dari sisi keselamatan akan bangunan dan penghuni didalamnya.

 

-